Alat Penghemat BBM Makin Marak

Senin, 23 Maret 2009


Foto: Maz Alat Penghemat BBM (prasetyo/okezone)
Prasetyo Adhi - Okezone

JAKARTA - Masalah konsumsi BBM dan perawatan mesin ternyata semakin marak akhir-akhir ini. Kini, tak jarang bermunculan alat yang diklaim bisa memelihara kondisi mesin lebih lama, juga sekaligus menghemat BBM. Satu diantaranya Maz Additive.

Maz Additive merupakan sattu larutan pencapur bahan bakar yang diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan, menurunkan kadar emisi gas buang, mempercepat pembakaran, meningkatkan tenaga mesin, serta memebersihkan lapisan kerak karbon pada ruang mesin.

"Maz menggunakan bahan nitroparaffin yang bisa meningkatkan tenaga mesin, sekaligus guja memelihatra mesin dan mengurangi emisi gas buang sekaligus menghemat bahan bakar," ujar Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Technical Advisory Maz Energy, dalam peluncuran Maz 100 di pameran pameran Indonesia International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition 2009, di Jakarta.

Maz 100 menurutnya digunakan khusus untuk mesin bensin dan solar. Produk ini, tambah dia, telah mengalami sejumlah uji coba di berbagai negara selama 100 jam atau sekira 10.000 km.

"Setelah diuji, hasilnya tarikan mesin jadi lebih enteng, kerak pada mesin hilang, dan bahan bakar juga lebih hemat," tegas dia.

Namun Tri menambahkan, tingkat keiritan mobil ketika menggunakan produk yang untuk kemasan 15 cc seharga Rp15.000 ini berbeda-beda.

"Tingkat keiritan berbeda-beda, mulai dari cara mengemudi, umur mesin, dan kualitas bahan bakar. Makin tua umur mesin dan makin buruk kualitas bahan bakar yang digunakan mobil Anda, makin terasa penghematan konsumsi BBMnya setelah pakai produk ini," tambah Tri.

Hal ini menurut dia, karena mesin seperti dibilas dengan detergen sehingga kerak-kerak hilang dan memperlancar

aliran bahan bakar. "Kalau di mesin mobil atau motor baru kan masih bersih, jadi penghematannya tidak begitu terasa," kata dia.

Dari hasil yang dilakukan di Indonesia menggunakan mobil Toyota Kijang Bensin tahun 2000an, setelah menggunakan Maz100 didapat data, tenaga meningkat sekira 7 persen, torsi naik 14 persen, dan BBM lebih hemat 17 persen.

(ahm)


Sumber : http://autos.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/03/20/52/203426/alat-penghemat-bbm-makin-marak

0 komentar:

Blog Archive

Web Hosting
Web Hosting
Get paid for sharing your links - Receive $5.00 just for signing up!

Ads

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP