MOBIL TERBANG

Senin, 23 Maret 2009

Hebat nih. Mulai tahun depan, mobil ndak lagi cuma jalan di jalan raya, tapi juga sudah bisa jalan-jalan di angkasa. TERBANG!

terrafugia-transition flying car roadable plane

Nama mobil angkasa atau pesawat jalan raya itu adalah Terrafugia Transition. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan desain pesawat terbang, yang namanya Terrafugia, Inc. markasnya ada di Massachusetts - AS. Kebetulan pendiri Terrafugia, Inc. ini adalah lulusan dari Jurusan Aeronautika dan Astronautika sama Sekolah Bisnisnya Massachusetts Institute of Technology and Incorporated - US. (nama kampusnya susah disebutkan).

Nah, pesawat ini rencananya sudah bisa dibeli tahun depan. Harganya cuma £127.000, atau kalau diRupiahkan sekitar 2 miliar kurang dikit. Lumayan mahal untuk ukuran mobil, tapi lumayan murah untuk ukuran pesawat terbang.

terrafugia-transition flying car roadable plane

Spesifikasinya:

Kalau dipanjangkan sayapnya mencapai 27,5ft. Tapi supaya ndak mengganggu orang lain di jalan raya, dan supaya gampang dimasukin di garasi, sayapnya bisa dilipat sebanyak dua kali.

Mesinnya pakai mesin 4 tak Rotax 912S, tenaganya 100 hp (horse power, atau tenaga kuda). Mampu terbang sejauh 460 mil dengan kecepatan 115 mph (mil per jam). Kalau pake mode mobil biasa, kecepatan dan tenaganya setara dengan mobil biasa.

terrafugia-transition flying car roadable plane

Sayangnya kalau mau terbang, Terrafugia Transition ndak seperti pesawat yang bisa terbang vertikal semisal helikopter atau pesawat tempur model sekarang, atau pesawat seperti di film Transformers, tapi harus pake landasan pacu juga, mirip dengan pesawat-pesawat kargo atau pesawat komersil. Jadi kalau pas lagi pake mode mobil terus terjebak macet, ya tetap aja harus bermacet-macet ria.

terrafugia-transition flying car roadable plane

Jadi, sudah siapin duit 2 milyar buat beli pesawat jalanan ini?

0 komentar:

Blog Archive

Web Hosting
Web Hosting
Get paid for sharing your links - Receive $5.00 just for signing up!

Ads

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP