Penemuan Jubah Penghilang

Senin, 30 Maret 2009

Budi Winoto

INILAH.COM, Jakarta – Sebuah penemuan baru bisa menjadi sinyal terobosan teknologi terdahsyat. Ilmuwan China bekerjasama dengan AS mengumumkan tinggal selangkah lagi bisa berhasil membuat jubah penghilang.

Desain matematika komplek yang disebut algorithma membuat pengembangan itu bisa terjadi. Insinyur di Duke University Carolina Utara berhasil membuat apa yang disebut "metamaterial."

“Material baru itu dapat memandu gelombang elektromagnetik di sekitar obyek dan bisa melewati volume kosong,” kata tim yang mempublikasikan penelitian itu di journal Science edisi Januari.

Peneliti senior tim itu, David R. Smith mengatakan jubah penghilang ini mirip fatamorgana yang telihat di kejahuan saat hari panas.

“Yang terlihat seperti air mengambang di jalanan, tapi kenyataannya refleksi dari angkasa. Pada contoh itu yang terlihat adalah fatamorgana. Dengan efek itu kami membuat fatamorgana dengan desain baru,” katanya.

Tim yang didukung oleh National Science Foundation of China dan US Air Force Office of Scientific Research mengembangkan prototip 2006 dan terbukti bisa berfungsi.

Smith mengatakan jubah penghilang itu jauh lebih superior dibandingkan desain original.

"Perangkat baru dapat menghilang dengan spektrum lebih luas, mendekati tak terbatas dan sejauh infra merah dan cahaya. Pendekatan yang kami lakukan membantu memperlusa dan memperbaiki kemampuan tak kelihatan dari berbagai gelombang," katanya.[ito]

Sumber : www.inilah.com

0 komentar:

Blog Archive

Web Hosting
Web Hosting
Get paid for sharing your links - Receive $5.00 just for signing up!

Ads

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP