Hati-hati, Kopi Timbulkan Halusinasi

Senin, 30 Maret 2009


Budi Winoto

INILAH.COM, Jakarta – Orang yang minum terlalu banyak kopi bisa mulai melihat hantu atau mendengar suara aneh. Sebuah penelitian mendapati, orang yang minum lebih dari tujuh cangkir kopi instan setiap hari, tiga kali lebih berpotensi terkena halusinasi.

Tim dari Durham University melakukan penelitian terhadap 200 mahasiswa yang berhubungan dengan asupan kafein. Hasil penelitian itu dilaporkan di journal Personality and Individual Differences.

Setelah menanyakan asupan kafein, peneliti kemudian mengukur tingkat stres dan halusinasi yang terjadi. Diantara yang diteliti mengatakan mulai melihat sesuatu padahal tidak ada, mendengar suara dan melihat orang yang sudah mati.

Tim itu menekankan, pengalaman terkena halusinasi tidak menyebabkan sakit jiwa."Ini merupakan langkah awal untuk mempelajari faktor penyebab halusinasi," kata psikolog Simon Jones, yang memimpin penelitian itu.

Penelitian sebelumnya mendapati faktor semacam trauma masa kecil bisa berhubungan dengan halusinasi.

Jika stress, tubuh manusia akan melepaskan hormon yang disebut cortisol dan jumlahnya semakin banyak jika mengkonsumsi kafein.

Selain kopi, sumber lain semacam teh, coklat dan minuman berenergi juga mangandung kafein. [ito]

0 komentar:

Blog Archive

Web Hosting
Web Hosting
Get paid for sharing your links - Receive $5.00 just for signing up!

Ads

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP